-->
Persaingan Usaha adalah Dalam Berbisnis

Persaingan Usaha adalah Dalam Berbisnis

 

Beberapa manfaat persaingan dalam kegiatan berbisnis akan membuat sudut pandang menjadi buruk terhadap risiko bisnis dan akan menjadi semakin pudar. Ada banyak orang yang berpikir terkait persaingan dalam bisnis pasti berkaitan dengan hal-hal yang bersifat negatif dan cukup merepotkan dalam menghadapinya. Akan tetapi, kenyataannya tidak begitu. Dalam kegiatan bisnis, persaingan mempunyai dampak positif bagi pelaku bisnis atau pun bisnis yang sedang dijalankan.

Pentingnya Persaingan dalam Kegiatan Bisnis atau Usaha

Dalam kegiatan bisnis dapat diungkapkan jika tanpa adanya persaingan, bisnis akan menjadi susah untuk berkembang. Persaingan dalam kegiatan bisnis memberikan banyak perubahan yang cukup positif dengan syarat persaingan harus disikapi dengan kepala dingin dan bijak. Tidak menutup adanya kemungkinan untuk bersikap kurang bijak dari pebisnis dalam menghadapi sebuah persaingan dengan cara yang kurang baik. Hal tersebut tidak akan memberikan perubahan yang bersifat positif. Sebagai pebisnis yang bijak dan mengharapkan bisnis yang sedang dijalankan dapat berjalan dengan lancar, sebaiknya pebisnis menghadapi segala persaingan dengan baik dan bijak. Salah satu cara yang paling tepat dengan terus memberikan usaha maksimal untuk mengembangkan kegiatan bisnisnya karena manfaat dari persaingan dalam berbisnis cukup berpengaruh pada perkembangan sebuah bisnis yang dijalankan.

 

Apa Itu Persaingan dalam Kegiatan Bisnis atau Usaha?

Persaingan bisnis merupakan kompetisi yang melibatkan pebisnis atau penjual di mana kedua pihak itu mempunyai tujuan yang sama yakni mendapatkan keuntungan. Keuntungan bisa dengan mudah didapatkan ketika pebisnis berhasil membuat produk sukses menguasai pasar, mempunyai pangsa pasar yang banyak, serta laku di pasaran. Persaingan bisnis akan terjadi di antara organisasi atau badan bisnis yang menyuguhkan produk atau layanan serupa. Persaingan terjadi lantaran mereka mempunyai target konsumen yang sama. Ketika jumlah persaingan bisnis sangat tinggi, itu artinya pasar tempat produk dijual berada dalam kondisi sehat, maksudnya berpotensi memberikan keuntungan bagi pebisnis.

 

Teori Tentang Persaingan Bisnis

Menurut kamus manajemen, persaingan bisnis dibagi menjadi dua teori, diantaranya:

1. Persaingan sehat (Healthy Competition) adalah sebuah kompetisi yang terjadi antara perusahaan (pebisnis) yang berlangsung tanpa adanya suatu tindakan yang bersifat kriminal. Persaingan yang dianggap secara sehat ini dapat menjamin dan mengedepankan etika dalam kegiatan bisnis ketika para pebisnis untuk senantiasa berkompetisi satu dengan yang lainnya.

2. Cut Throat Competition adalah sebuah kompetisi yang dilakukan oleh antarperusahaan secara tidak sehat atau tidak adil dalam menjalankan kegiatan usahanya. Kompetisi tersebut sebagai ilustrasi terjadinya kegiatan perebutan pangsa pasar untuk menghalalkan segala cara agar dapat menjadi pemenang atas lawan yang sedang berkompetisi dengannya.

 

Ada beberapa ahli di antaranya Ken Smith, Walter Ferrier, dan Hermann Ndofot membuat sebuah teori tentang Teori Dinamika Kompetitif. Teori tersebut menjelaskan tentang bagaimana sebuah interaksi dan dampak dari tindakan yang dilakukan oleh perusahaan, serta bagaimana reaksi yang ditunjukkan oleh sebuah perusahaan pesaing dalam industri. Beberapa contoh tindakannya yaitu mengubah harga jual yang ada di pasaran, membuat sebuah aktivitas pemasaran khusus, dan mengenalkan produk baru di pasar.


Manfaat Kompetisi Bisnis Atau Usaha

Berikut adalah beberapa deskripsi yang terkait dengan manfaat persaingan dalam bisnis:

1. Dorong untuk berpikir inovatif

Ketika pebisnis menghadapi persaingan, itu secara tidak langsung akan membuat pebisnis dapat berpikir untuk menjadi lebih inovatif sehingga beberapa kreasi baru akan muncul. Terutama ketika dihadapkan dengan kesulitan yang berkaitan dengan persaingan bisnis, pebisnis akan didorong untuk mendapatkan ide -ide baru dan lebih segar sehingga kinerja bisnis yang dijalankan dapat lebih sukses daripada pesaing bisnis.

2. Dorong untuk meningkatkan layanan

Persaingan bisnis dapat terjadi karena banyaknya orang yang menjalankan bisnis di bidang yang sama, seperti bisnis kuliner yang sangat tertarik yang ingin juga mencoba menjalankan bisnis. Karena alasan ini, manfaat persaingan dalam bisnis hadir untuk mendorong para pebisnis lebih meningkatkan layanan. Apakah itu meningkatkan kualitas layanan dalam hal menjadi baik dan ramah kepada konsumen, atau dengan meningkatkan layanan dalam bentuk mempertahankan kualitas atau bahkan meningkatkan kualitas produk atau layanan yang disediakan.

3. Berikan motivasi tinggi

Manfaat persaingan dalam melakukan bisnis yang memengaruhi bisnis dapat memberikan motivasi tinggi seperti yang terkait dengan kedua pebisnis. Keberadaan persaingan yang disebabkan oleh banyak faktor mendorong para pebisnis untuk menjaga bisnis mereka dengan berbagai strategi bisnis yang tepat. Sehingga pebisnis yang memiliki motivasi untuk bertahan hidup dan mengembangkan bisnis mereka akan lebih mudah menemukan solusi untuk berurusan dengan persaingan bisnis. Seperti misalnya menemukan dan mengembangkan positif atau keuntungan yang karakteristik dan berbeda dari produk atau layanan lain. Ini tentu saja merupakan pertimbangan bagi konsumen yang berniat untuk berpaling dan menggunakan produk atau layanan lain. Selain itu, dengan motivasi tinggi akan dapat meningkatkan kinerja dalam menjalankan bisnisnya.

4. Dapatkan konsumen yang loyal

Mendapatkan konsumen yang loyal adalah sesuatu yang harus diperjuangkan dan dipelihara. Dengan berurusan dengan persaingan bisnis, pebisnis akan didorong untuk meningkatkan kualitas produk atau layanan yang ditawarkan, untuk kualitas layanan kepada konsumen. Selain meningkatkan kualitas, pebisnis dapat menemukan informasi tentang bagaimana kebutuhan atau selera konsumen ditargetkan. Ini akan didorong untuk mendapatkan konsumen yang loyal sehingga tidak mungkin konsumen ini beralih ke pesaing bisnis. Sehingga jika ini dilakukan, mobilisasi konsumen secara otomatis akan diperoleh dan tentu saja akan menyulitkan pesaing untuk mencoba bersaing.

5. Berikan pembelajaran dan pengalaman

Manfaat persaingan dalam melakukan bisnis yang tidak kalah pentingnya adalah mampu memberikan pembelajaran dan pengalaman. Ketika pebisnis membuat kesuksesan yang dicapai oleh pesaing sebagai pengalaman dan belajar itu akan berdampak pada pebisnis untuk belajar lebih banyak. Selain itu, dapat digunakan sebagai pengalaman dan pembelajaran di masa depan untuk lebih tepat dalam akting. Mempertimbangkan kegagalan tidak selalu membuat kegagalan, kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Terutama dalam bisnis pasang surut, itu harus terjadi. Untuk alasan ini, ketika menghadapi masalah atau kesulitan, itu harus digunakan sebagai pembelajaran dan pengalaman seperti manfaat persaingan dalam bisnis ini.

 

Dampak Positif dari Persaingan Usaha

Di antara dampak positif dari persaingan dalam bisnis adalah sebagai berikut.

1. Mendorong pebisnis untuk meningkatkan kualitas produk

2. memprioritaskan kepuasan pelanggan

3. Kembangkan Kreativitas Sumber Daya Manusia (SDM)

4. Bantuan Mengatasi Kemiskinan

5. Menyerap tenaga kerja

Yang pertama ke poin ketiga adalah bentuk tindakan yang secara alami akan diambil oleh perusahaan sehingga produk mereka dijual di pasar. Poin keempat dan kelima adalah dampak dari keberhasilan bisnis yang telah dijual di pasar untuk memenangkan kompetisi dari pesaing. Semakin sukses perusahaan, semakin besar peluang perusahaan untuk menyerap tenaga kerja dan membantu mengatasi kemiskinan negara.

 

Dampak negatif dari persaingan bisnis

Dampak negatif dari persaingan bisnis adalah memungkinkan hal -hal berikut:

1. Bisnis baru sulit dibangun karena persaingan terlalu kuat

2. Perang harga sehingga sulit bagi para pebisnis untuk mendapatkan keuntungan yang telah dihitung sejak awal

3. Ada pelanggaran etika karena persaingan diubah menjadi aktivitas yang tidak sehat

4. Ada monopoli bisnis

 

Contoh Persaingan Bisnis

Berikut adalah beberapa contoh kompetisi bisnis dunia legendaris, yaitu:

1. Coke vs Pepsi

Merek minuman ringan, Coke dan Pepsi sangat mudah ditemukan di supermarket, terutama di tempat aslinya, Amerika Serikat. Pada 1980 -an, Coke dan Pepsi mulai terlihat dalam kompetisi bisnis, di mana keduanya ingin mengeluarkan produk baru dan melakukan berbagai inovasi untuk menjadi penguasa pasar. Persaingan awal inovasi rasa dimenangkan oleh Pepsi di mana produk mereka berhasil diterima di pasar, sementara Coke menjadi konsumen bulanan karena rasa yang diciptakan dianggap gagal.

2. McDonald's Vs Burger King

Dua waralaba Food & Baverage memulai persaingan bisnis sejak penampilan pertama mereka di pertengahan abad ke-20. Kompetisi dimulai dengan menu burger sampai mencapai puncaknya di tahun 1990 -an.

3. Microsoft vs Apple

Bill Gates memulai bisnis yang pertama membuat sistem operasi Windows ketika Steve Jobs pada waktu itu masih belum pasti untuk membuat sistem operasi iOS. Steve Jobs dengan apelnya pada waktu itu bahkan mengalami kebangkrutan sampai dibantu dalam bentuk injeksi investasi oleh Bill Gates untuk bertahan hidup. Sekarang dalam 15 tahun terakhir, Steve Jobs telah berhasil membawa bisnis Apple jauh lebih unggul daripada Windows yang dibuat oleh Bill Gates.

 

Bagaimana menangani persaingan bisnis

Ada lima cara sehingga Anda dapat mengatasi kerasnya persaingan bisnis untuk mendapatkan keuntungan dan menjadi penguasa pasar, termasuk:

1. Pertahankan konsumen yang loyal

2. Mencari pangsa pasar baru

3. Memberikan perbedaan yang mencolok antara produk dan produk pesaing Anda yang mudah direalisasikan oleh konsumen

4. Mengenali pesaing, untuk membuat produk yang jauh lebih unggul dari mereka

5. Kenali konsumen dan keinginan mereka, sehingga produk Anda selalu dibeli karena dianggap berguna dan berguna untuk kehidupan konsumen

 

Tujuan Persaingan Bisnis

Ada beberapa tujuan persaingan dalam bisnis, termasuk:

1. Tingkatkan kemitraan

Bersaing dengan perusahaan lain tidak berarti Anda memusuhi mereka. Hubungan yang baik dengan pesaing dapat menghasilkan keuntungan bersama, salah satunya dengan bermitra atau jaringan. Kerja tim antara dua bisnis seperti makanan dan bioskop, toko buku dan kafe, menjadi mitra setelah masing -masing perusahaan memperjuangkan pelanggan potensial yang sama di mal.

2. Belajar atau memperbarui pengetahuan bisnis

Tidak ada kata terlambat untuk belajar, pada kenyataannya persaingan bisnis memaksa perusahaan dan orang -orang di dalamnya terus belajar mengamati pasar dan meningkatkan produk yang mereka jual. Tidak ada perusahaan yang tiba -tiba di atas, semua membutuhkan proses dari bawah, belajar setiap hari dan bersaing setiap hari.

3. Meningkatkan layanan kepada pelanggan

Persaingan bisnis membuat perusahaan lebih sensitif terhadap permintaan konsumen. Perusahaan akan belajar cara memperlakukan konsumen untuk menarik mereka menjadi pelanggan tetap. Menyajikan produk berkualitas dan produk segar di setiap musim sehingga pelanggan tidak bosan dan melarikan diri ke pesaing.

4. Membuat Produk atau Merek Bisnis Khusus

Di tengah -tengah banyak produk serupa yang dijual di pasaran, persaingan bisnis akan membawa perusahaan Anda untuk membuat produk dan membangun citra khusus. Tujuan dari ini adalah bahwa konsumen tertarik untuk menggunakan produk dari perusahaan Anda.

 

Manfaat Positif Adanya Persaingan Usaha Bagi Konsumen

Tidak dapat dilewatkan, fakta bahwa persaingan bisnis sangat, sangat menguntungkan konsumen. Mengapa demikian? Perusahaan akan meningkatkan produk mereka, memberikan keuntungan, layanan, dan harga yang sangat ramah dengan konsumen. Konsumen juga dimanjakan dengan layanan perusahaan yang menjual produk karena mereka akan terus mencoba menjaga pelanggan setia.

Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar