Persaingan Usaha adalah Dalam Berbisnis
Beberapa manfaat persaingan
dalam kegiatan berbisnis akan membuat sudut pandang menjadi buruk terhadap
risiko bisnis dan akan menjadi semakin pudar. Ada banyak orang yang berpikir terkait
persaingan dalam bisnis pasti berkaitan dengan hal-hal yang bersifat negatif
dan cukup merepotkan dalam menghadapinya. Akan tetapi, kenyataannya tidak begitu.
Dalam kegiatan bisnis, persaingan mempunyai dampak positif bagi pelaku bisnis
atau pun bisnis yang sedang dijalankan.
Pentingnya Persaingan dalam Kegiatan Bisnis atau Usaha
Dalam kegiatan bisnis dapat diungkapkan jika
tanpa adanya persaingan, bisnis akan menjadi susah untuk berkembang. Persaingan
dalam kegiatan bisnis memberikan banyak perubahan yang cukup positif dengan
syarat persaingan harus disikapi dengan kepala dingin dan bijak. Tidak menutup adanya
kemungkinan untuk bersikap kurang bijak dari pebisnis dalam menghadapi sebuah persaingan
dengan cara yang kurang baik. Hal tersebut tidak akan memberikan perubahan yang
bersifat positif. Sebagai pebisnis yang bijak dan mengharapkan bisnis yang
sedang dijalankan dapat berjalan dengan lancar, sebaiknya pebisnis menghadapi
segala persaingan dengan baik dan bijak. Salah satu cara yang paling tepat dengan
terus memberikan usaha maksimal untuk mengembangkan kegiatan bisnisnya karena manfaat
dari persaingan dalam berbisnis cukup berpengaruh pada perkembangan sebuah bisnis
yang dijalankan.
Apa Itu Persaingan dalam Kegiatan Bisnis atau Usaha?
Persaingan bisnis merupakan
kompetisi yang melibatkan pebisnis atau penjual di mana kedua pihak itu mempunyai
tujuan yang sama yakni mendapatkan keuntungan. Keuntungan bisa dengan mudah
didapatkan ketika pebisnis berhasil membuat produk sukses menguasai pasar, mempunyai
pangsa pasar yang banyak, serta laku di pasaran. Persaingan bisnis akan terjadi
di antara organisasi atau badan bisnis yang menyuguhkan produk atau layanan
serupa. Persaingan terjadi lantaran mereka mempunyai target konsumen yang sama.
Ketika jumlah persaingan bisnis sangat tinggi, itu artinya pasar tempat produk
dijual berada dalam kondisi sehat, maksudnya berpotensi memberikan keuntungan
bagi pebisnis.
Teori Tentang Persaingan Bisnis
Menurut kamus manajemen, persaingan bisnis dibagi
menjadi dua teori, diantaranya:
1. Persaingan sehat (Healthy Competition) adalah
sebuah
kompetisi yang terjadi antara perusahaan (pebisnis) yang berlangsung tanpa
adanya suatu tindakan yang bersifat kriminal. Persaingan yang dianggap secara
sehat ini dapat menjamin dan mengedepankan etika dalam kegiatan bisnis ketika
para pebisnis untuk senantiasa berkompetisi satu dengan yang lainnya.
2. Cut Throat Competition adalah sebuah kompetisi yang dilakukan oleh
antarperusahaan secara tidak sehat atau tidak adil dalam menjalankan kegiatan
usahanya. Kompetisi tersebut sebagai ilustrasi terjadinya kegiatan perebutan pangsa
pasar untuk menghalalkan segala cara agar dapat menjadi pemenang atas lawan
yang sedang berkompetisi dengannya.
Ada beberapa ahli di antaranya Ken Smith, Walter Ferrier, dan Hermann Ndofot membuat sebuah teori tentang Teori Dinamika Kompetitif. Teori tersebut menjelaskan tentang bagaimana sebuah interaksi dan dampak dari tindakan yang dilakukan oleh perusahaan, serta bagaimana reaksi yang ditunjukkan oleh sebuah perusahaan pesaing dalam industri. Beberapa contoh tindakannya yaitu mengubah harga jual yang ada di pasaran, membuat sebuah aktivitas pemasaran khusus, dan mengenalkan produk baru di pasar.
Manfaat Kompetisi Bisnis Atau Usaha
Berikut adalah beberapa deskripsi yang terkait
dengan manfaat persaingan dalam bisnis:
1. Dorong untuk berpikir inovatif
Ketika pebisnis menghadapi persaingan, itu secara
tidak langsung akan membuat pebisnis dapat berpikir untuk menjadi lebih
inovatif sehingga beberapa kreasi baru akan muncul. Terutama ketika dihadapkan
dengan kesulitan yang berkaitan dengan persaingan bisnis, pebisnis akan
didorong untuk mendapatkan ide -ide baru dan lebih segar sehingga kinerja
bisnis yang dijalankan dapat lebih sukses daripada pesaing bisnis.
2. Dorong untuk
meningkatkan layanan
Persaingan
bisnis dapat terjadi karena banyaknya orang yang menjalankan bisnis di bidang
yang sama, seperti bisnis kuliner yang sangat tertarik yang ingin juga mencoba
menjalankan bisnis. Karena alasan ini, manfaat persaingan dalam bisnis hadir
untuk mendorong para pebisnis lebih meningkatkan layanan. Apakah itu
meningkatkan kualitas layanan dalam hal menjadi baik dan ramah kepada konsumen,
atau dengan meningkatkan layanan dalam bentuk mempertahankan kualitas atau
bahkan meningkatkan kualitas produk atau layanan yang disediakan.
3. Berikan motivasi tinggi
Manfaat
persaingan dalam melakukan bisnis yang memengaruhi bisnis dapat memberikan
motivasi tinggi seperti yang terkait dengan kedua pebisnis. Keberadaan
persaingan yang disebabkan oleh banyak faktor mendorong para pebisnis untuk
menjaga bisnis mereka dengan berbagai strategi bisnis yang tepat. Sehingga
pebisnis yang memiliki motivasi untuk bertahan hidup dan mengembangkan bisnis
mereka akan lebih mudah menemukan solusi untuk berurusan dengan persaingan
bisnis. Seperti misalnya menemukan dan mengembangkan positif atau keuntungan
yang karakteristik dan berbeda dari produk atau layanan lain. Ini tentu saja
merupakan pertimbangan bagi konsumen yang berniat untuk berpaling dan
menggunakan produk atau layanan lain. Selain itu, dengan motivasi tinggi akan
dapat meningkatkan kinerja dalam menjalankan bisnisnya.
4. Dapatkan konsumen yang
loyal
Mendapatkan
konsumen yang loyal adalah sesuatu yang harus diperjuangkan dan dipelihara.
Dengan berurusan dengan persaingan bisnis, pebisnis akan didorong untuk
meningkatkan kualitas produk atau layanan yang ditawarkan, untuk kualitas
layanan kepada konsumen. Selain meningkatkan kualitas, pebisnis dapat menemukan
informasi tentang bagaimana kebutuhan atau selera konsumen ditargetkan. Ini
akan didorong untuk mendapatkan konsumen yang loyal sehingga tidak mungkin
konsumen ini beralih ke pesaing bisnis. Sehingga jika ini dilakukan, mobilisasi
konsumen secara otomatis akan diperoleh dan tentu saja akan menyulitkan pesaing
untuk mencoba bersaing.
5. Berikan pembelajaran dan
pengalaman
Manfaat
persaingan dalam melakukan bisnis yang tidak kalah pentingnya adalah mampu
memberikan pembelajaran dan pengalaman. Ketika pebisnis membuat kesuksesan yang
dicapai oleh pesaing sebagai pengalaman dan belajar itu akan berdampak pada
pebisnis untuk belajar lebih banyak. Selain itu, dapat digunakan sebagai
pengalaman dan pembelajaran di masa depan untuk lebih tepat dalam akting.
Mempertimbangkan kegagalan tidak selalu membuat kegagalan, kegagalan adalah
kesuksesan yang tertunda. Terutama dalam bisnis pasang surut, itu harus
terjadi. Untuk alasan ini, ketika menghadapi masalah atau kesulitan, itu harus
digunakan sebagai pembelajaran dan pengalaman seperti manfaat persaingan dalam
bisnis ini.
Dampak Positif dari
Persaingan Usaha
Di antara dampak positif dari persaingan dalam
bisnis adalah sebagai berikut.
1. Mendorong pebisnis untuk meningkatkan kualitas
produk
2. memprioritaskan kepuasan pelanggan
3. Kembangkan Kreativitas Sumber Daya Manusia (SDM)
4. Bantuan Mengatasi Kemiskinan
5. Menyerap tenaga kerja
Yang pertama ke poin ketiga adalah bentuk tindakan
yang secara alami akan diambil oleh perusahaan sehingga produk mereka dijual di
pasar. Poin keempat dan kelima adalah dampak dari keberhasilan bisnis yang
telah dijual di pasar untuk memenangkan kompetisi dari pesaing. Semakin sukses
perusahaan, semakin besar peluang perusahaan untuk menyerap tenaga kerja dan
membantu mengatasi kemiskinan negara.
Dampak negatif dari persaingan
bisnis
Dampak negatif dari persaingan bisnis adalah
memungkinkan hal -hal berikut:
1. Bisnis baru sulit dibangun karena persaingan
terlalu kuat
2. Perang harga sehingga sulit bagi para pebisnis
untuk mendapatkan keuntungan yang telah dihitung sejak awal
3. Ada pelanggaran etika karena persaingan diubah
menjadi aktivitas yang tidak sehat
4. Ada monopoli bisnis
Contoh Persaingan Bisnis
Berikut adalah beberapa contoh kompetisi bisnis dunia legendaris, yaitu:
1. Coke vs Pepsi
Merek minuman ringan, Coke dan Pepsi sangat mudah
ditemukan di supermarket, terutama di tempat aslinya, Amerika Serikat. Pada
1980 -an, Coke dan Pepsi mulai terlihat dalam kompetisi bisnis, di mana
keduanya ingin mengeluarkan produk baru dan melakukan berbagai inovasi untuk
menjadi penguasa pasar. Persaingan awal inovasi rasa dimenangkan oleh Pepsi di
mana produk mereka berhasil diterima di pasar, sementara Coke menjadi konsumen
bulanan karena rasa yang diciptakan dianggap gagal.
2. McDonald's Vs Burger
King
Dua waralaba Food & Baverage memulai persaingan
bisnis sejak penampilan pertama mereka di pertengahan abad ke-20. Kompetisi
dimulai dengan menu burger sampai mencapai puncaknya di tahun 1990 -an.
3. Microsoft vs Apple
Bill Gates memulai bisnis yang pertama membuat
sistem operasi Windows ketika Steve Jobs pada waktu itu masih belum pasti untuk
membuat sistem operasi iOS. Steve Jobs dengan apelnya pada waktu itu bahkan
mengalami kebangkrutan sampai dibantu dalam bentuk injeksi investasi oleh Bill
Gates untuk bertahan hidup. Sekarang dalam 15 tahun terakhir, Steve Jobs telah
berhasil membawa bisnis Apple jauh lebih unggul daripada Windows yang dibuat
oleh Bill Gates.
Bagaimana menangani persaingan bisnis
Ada lima cara sehingga Anda dapat mengatasi kerasnya
persaingan bisnis untuk mendapatkan keuntungan dan menjadi penguasa pasar,
termasuk:
1. Pertahankan konsumen yang loyal
2. Mencari pangsa pasar baru
3. Memberikan perbedaan yang mencolok antara produk
dan produk pesaing Anda yang mudah direalisasikan oleh konsumen
4. Mengenali pesaing, untuk membuat produk yang jauh
lebih unggul dari mereka
5. Kenali konsumen dan keinginan mereka, sehingga
produk Anda selalu dibeli karena dianggap berguna dan berguna
untuk kehidupan konsumen
Tujuan Persaingan Bisnis
Ada beberapa tujuan persaingan dalam bisnis,
termasuk:
1. Tingkatkan kemitraan
Bersaing dengan perusahaan lain tidak berarti Anda
memusuhi mereka. Hubungan yang baik dengan pesaing dapat menghasilkan
keuntungan bersama, salah satunya dengan bermitra atau jaringan. Kerja tim
antara dua bisnis seperti makanan dan bioskop, toko buku dan kafe, menjadi
mitra setelah masing -masing perusahaan memperjuangkan pelanggan potensial yang
sama di mal.
2. Belajar atau memperbarui pengetahuan bisnis
Tidak ada kata terlambat untuk belajar, pada
kenyataannya persaingan bisnis memaksa perusahaan dan orang -orang di dalamnya
terus belajar mengamati pasar dan meningkatkan produk yang mereka jual. Tidak
ada perusahaan yang tiba -tiba di atas, semua membutuhkan proses dari bawah,
belajar setiap hari dan bersaing setiap hari.
3. Meningkatkan layanan kepada pelanggan
Persaingan bisnis membuat perusahaan lebih sensitif
terhadap permintaan konsumen. Perusahaan akan belajar cara memperlakukan
konsumen untuk menarik mereka menjadi pelanggan tetap. Menyajikan produk
berkualitas dan produk segar di setiap musim sehingga pelanggan tidak bosan dan
melarikan diri ke pesaing.
4. Membuat Produk atau Merek Bisnis Khusus
Di tengah -tengah banyak produk serupa yang dijual
di pasaran, persaingan bisnis akan membawa perusahaan Anda untuk membuat produk
dan membangun citra khusus. Tujuan dari ini adalah bahwa konsumen tertarik
untuk menggunakan produk dari perusahaan Anda.
Manfaat Positif Adanya
Persaingan Usaha Bagi Konsumen
Tidak dapat dilewatkan,
fakta bahwa persaingan bisnis sangat, sangat menguntungkan konsumen. Mengapa
demikian? Perusahaan akan meningkatkan produk mereka, memberikan keuntungan,
layanan, dan harga yang sangat ramah dengan konsumen. Konsumen juga dimanjakan
dengan layanan perusahaan yang menjual produk karena mereka akan terus mencoba
menjaga pelanggan setia.
Posting Komentar
Posting Komentar