-->
Struktur Pasar dan Konsep Pasar Dalam Ekonomi

Struktur Pasar dan Konsep Pasar Dalam Ekonomi


STRUKTUR PASAR - Jumlah Pembeli, Jumlah Penjual, Skala Produksi, Jenis Produksi merupakan beberapa hal penting yang akan mengubah tingkah laku dan kinerja pasar. Sehingga dapat mengubah Struktur pasar tersebut, nah berdasarkan Perbedaan Jumlah Penjual dan Pembeli, akan terbentuk berbagai macam struktur pasar, yaitu :


a. Pasar Persaingan Sempurna
Pasar persaingan sempurna merupakan pasar yang memiliki 5 syarat utama berikut, yaitu :
Jumlah Penjual dan Pembeli Banyak
Barang dan Jasa yang diperjualbelikan bersifat homogen. Artinya Barang dan Jasa antara satu penjual dengan yang lainnya sama, tidak ada unsur atau merek yang membedakan mereka. Contohnya Sayuran, Ikan, dan lain-lain.
Penjual dan Pembeli Bebas Keluar Masuk Pasar. Artinya setiap orang memiliki hak untuk menjadi penjual atau pembeli pada pasar ini.
Informasi Pasar Bersifat Sempurna. Artinya Pedagang mengerti karakteristik barang/jasa yang dijual, dan pembeli mengetahui keadaan dan kualitas barang yang akan dibeli. Oleh karena itu informasinya bersifat sempurna, sehingga pedagang maupun pembeli tidak akan tertipu.
Harga Terbentuk Di pasar. Artinya harga ditentukan dari hasi interaksi penjual dengan pembeli berdasarkan kekuatan permintaan dan penawaran sehingga mencapai suatu harga kesepakatan.

b. Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Pasar Persaingan tidak sempurna merupakan pasar yang terbentuk jika tidak memenuhi salah satu atau beberapa syarat Pasar Persaingan Sempurna. Pasar Persaingan Tidak Sempurna dibagi lagi menjadi beberapa pasar yang memiliki ciri tersendiri, yaitu :
Pasar Monopoli merupakan pasar yang dikuasai oleh satu orang penjual. Dalam Pasar monopoli kekuasaan tertinggi dipegang oleh penjual tersebut sehingga Keadaan pasar dapat langsung berubah hanya karena tindakan dari penjual tersebut.
Pasar Oligopoli merupakan pasar yang dikuasai oleh beberapa perusahaan dengan hasil produksi barang/jasa yang sejenis. Artinya dalam Pasar Oligopoli persaingan untuk barang/jasa tersebut hanya terjadi pada beberapa perusahaan tadi. Mereka bersaing dengan mengunggulkan produk masing-masing. Persaingan dapat dilakukan dari segi kualitas produk maupun harga produk.
Pasar Persaingan Monopolistik merupakan pasar yang berada antara pasar monopoli dengan pasar persaingan. Ia tidak memenuhi persyaratan dari barang/jasa yang homogen sehingga tidak menjadi pasar persaingan sempurna. Barang/jasa tidak homogen karena memiliki merk yang berbeda-beda sehingga harga dan kualitas juga dapat berbeda. Persaingan pada pasari ini terjadi antara beberapa penjual dan beberapa pembeli untuk barang yang sejenis.
Pasar Monopsoni merupakan pasar yang hanya terdiri dari satu pembeli (tunggal) dan terdiri atas banyak penjual. Dalam pasar ini Pembeli memiliki peran lebih dominan. Keuntungannya adalah kualitas barang bagus, harga terjangkau, sedangkan keburukannya adalah produk yang dianggap tidak bagus oleh pembeli sering menjadi penyebab kerugian produsen.Contohnya adalah peternak sapi yang hanya bisa menjual hasil susu sapi ke koperasi susu.
Pasar Oligopsoni merupakan pasar yang terdiri atas beberapa orang pembeli (Lebih dari 2) dan banyak penjual (produsen). Dalam pasar ini peran pembeli juga lebih dominan, sehingga harga sangat dipengaruhi oleh penawaran atau permintaannya. Contohnya adalah Pasar Kopi, atau tembakau.


Konsep Pasar

Pengertian pasar adalah salah satu tempat dari berbagai sistem, , prosedur, institusi, hubungan sosial dan infrastruktur di mana usaha untuk menjual suatu barang, jasa dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan yaitu berupa uang. Alat pembayaran yang digunakan untuk menjual barang dan jasa biasanya dalam bentuk uang. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari kegiatan perekonomian. Dua orang mungkin dapat melakukan suatu perdagangan, tetapi dibutuhkan setidaknya tiga orang untuk memiliki pasar, sehingga ada suatu persaingan, setidaknya satu dari dua belah pihak. Pasarpun cukup bervariasi misalnya dalam ukuran, skala geografis, jangkauan, lokasi, jenis, dan berbagai komunitas manusia. Di dalam sebuah pasar juga menyediakan berbagai jenis barang dan jasa yang diperdagangkan.
Dalam sebuah pasar pasti akan terjadi sebuah transaksi. Pertukaran barang atau jasa untuk uang disebut dengan transaksi. Pasar terdiri atas semua pembeli dan penjual, baik yang dapat memengaruhi harga nya. Pengaruh ini merupakan salah satu studi utama ekonomi yang telah melahirkan beberapa teori dan model tentang kekuatan pasar dasar (penawaran dan permintaan). Suatu pasar dapat memfasilitasi perdagangan dan memungkinkan distribusi dan alokasi sumber daya dalam sebuah masyarakat. Pasar mengizinkan semua jenis item yang diperdagangkan untuk dievaluasi dan harga suatu barang dan jasa.

Fungsi Pasar

1. Fungsi Pembentukan Harga
Pasar merupakan suatu tempat dalam menentukan suatu harga (nilai) suatu barang karena pasar merupakan tempat bertemunya antara penjual dan pembeli yang saling tawar menawar sehingga terjadi suatu kesepatakan harga (nilai) barang atau jasa.
2. Fungsi Distribusi
Pasar memudahkan produsen dalam mendistribusikan suatu barang atau jasa kepada konsumen atau pembeli secara langsung.
3. Fungsi Promosi
Pasar merupakan suatu tempat yang paling cocok bagi produsen dalam memperkenalkan atau mempromosikan suatu barang atau jasa kepada konsumen.

Syarat terjadinya pasar
1.          Adanya penjual.
2.          Adanya pembeli.
3.          Tersedianya barang yang diperjualbelikan.
4.          Terjadinya kesepakatan antara penjual dan pembeli.

Peranan Pasar Dalam Perekonomian

1. Peran pasar bagi produsen
a.    Pasar sebagai tempat untuk memperkenalkan barang (promosi).
b.    Pasar sebagai tempat untuk menjual hasil produksi.
c.    Pasar sebagai tempat untuk memperoleh bahan produksi / faktor produksi

2. Peranan pasar untuk konsumen.
     Pasar dapat memudahkan konsumen untuk mendapatkan barang-barang yang dibutuhkan olehnya.

3. Peranan pasar untuk sumber daya Manusia.
Pasar dapat membuka sebuah peluang usaha bagi masyarakat dalam memperoleh pekerjaan dan berwiraswasta.

4. Peranan pasar untuk Pembangunan.
a. Pasar yang berkembang akan membawa dampak positif bagi kehidupan masyarakat misalnya masyarakat akan semakin sejahtera karena adanya pasar tersebut.
b.   Negara akan memperoleh pemasukan dari aktivitas pasar melalui pajak dan retribusi.  Penerimaan tersebut dapat digunakan sebagai salah satu sumber pendapatan untuk pembangunan daerah maupun pembangunan nasional. 

Incoming Search:
struktur pasar modal
struktur pasar oligopoli
struktur pasar persaingan sempurna
struktur pasar monopoli
struktur pasar modal di Indonesia
struktur pasar monopolistik
struktur pasar dan persaingan harga
struktur pasar dan tingkat persaingan
struktur pasar di pelabuhan
struktur pasar dan persaingan murni
struktur pasar persaingan tidak sempurna
struktur pasar ekonomi mikro
struktur pasar valuta asing
struktur pasar kompetitif
struktur pasar menurut para ahli
struktur pasar bebas
struktur pasar barang
struktur pasar biaya produksi penerimaan laba/rugi
struktur pasar bersaing sempurna
struktur pasar bebas dalam ekonomi konvensional
struktur pasar beserta contohnya
struktur pasar berbagai komoditas peternakan
struktur pasar beserta kurva
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar