Struktur Pasar dan Konsep Pasar Dalam Ekonomi
STRUKTUR PASAR - Jumlah
Pembeli, Jumlah Penjual, Skala Produksi, Jenis Produksi merupakan beberapa hal
penting yang akan mengubah tingkah laku dan kinerja pasar. Sehingga dapat
mengubah Struktur pasar tersebut, nah berdasarkan Perbedaan Jumlah Penjual dan
Pembeli, akan terbentuk berbagai macam struktur pasar, yaitu :
a. Pasar Persaingan
Sempurna
Pasar persaingan
sempurna merupakan pasar yang memiliki 5 syarat utama berikut, yaitu :
Jumlah Penjual dan
Pembeli Banyak
Barang dan Jasa yang
diperjualbelikan bersifat homogen. Artinya Barang dan Jasa antara satu penjual
dengan yang lainnya sama, tidak ada unsur atau merek yang membedakan mereka.
Contohnya Sayuran, Ikan, dan lain-lain.
Penjual dan Pembeli
Bebas Keluar Masuk Pasar. Artinya setiap orang memiliki hak untuk menjadi
penjual atau pembeli pada pasar ini.
Informasi Pasar
Bersifat Sempurna. Artinya Pedagang mengerti karakteristik barang/jasa yang
dijual, dan pembeli mengetahui keadaan dan kualitas barang yang akan dibeli.
Oleh karena itu informasinya bersifat sempurna, sehingga pedagang maupun
pembeli tidak akan tertipu.
Harga Terbentuk Di
pasar. Artinya harga ditentukan dari hasi interaksi penjual dengan pembeli
berdasarkan kekuatan permintaan dan penawaran sehingga mencapai suatu harga
kesepakatan.
b. Pasar Persaingan
Tidak Sempurna
Pasar Persaingan tidak
sempurna merupakan pasar yang terbentuk jika tidak memenuhi salah satu atau
beberapa syarat Pasar Persaingan Sempurna. Pasar Persaingan Tidak Sempurna
dibagi lagi menjadi beberapa pasar yang memiliki ciri tersendiri, yaitu :
Pasar Monopoli merupakan pasar yang
dikuasai oleh satu orang penjual. Dalam Pasar monopoli kekuasaan tertinggi
dipegang oleh penjual tersebut sehingga Keadaan pasar dapat langsung berubah
hanya karena tindakan dari penjual tersebut.
Pasar Oligopoli merupakan pasar yang
dikuasai oleh beberapa perusahaan dengan hasil produksi barang/jasa yang
sejenis. Artinya dalam Pasar Oligopoli persaingan untuk barang/jasa tersebut
hanya terjadi pada beberapa perusahaan tadi. Mereka bersaing dengan
mengunggulkan produk masing-masing. Persaingan dapat dilakukan dari segi
kualitas produk maupun harga produk.
Pasar Persaingan
Monopolistik merupakan pasar yang
berada antara pasar monopoli dengan pasar persaingan. Ia tidak memenuhi
persyaratan dari barang/jasa yang homogen sehingga tidak menjadi pasar
persaingan sempurna. Barang/jasa tidak homogen karena memiliki merk yang
berbeda-beda sehingga harga dan kualitas juga dapat berbeda. Persaingan pada
pasari ini terjadi antara beberapa penjual dan beberapa pembeli untuk barang
yang sejenis.
Pasar Monopsoni merupakan pasar yang
hanya terdiri dari satu pembeli (tunggal) dan terdiri atas banyak penjual.
Dalam pasar ini Pembeli memiliki peran lebih dominan. Keuntungannya adalah
kualitas barang bagus, harga terjangkau, sedangkan keburukannya adalah produk yang
dianggap tidak bagus oleh pembeli sering menjadi penyebab kerugian
produsen.Contohnya adalah peternak sapi yang hanya bisa menjual hasil susu sapi
ke koperasi susu.
Pasar Oligopsoni merupakan pasar yang
terdiri atas beberapa orang pembeli (Lebih dari 2) dan banyak penjual
(produsen). Dalam pasar ini peran pembeli juga lebih dominan, sehingga harga
sangat dipengaruhi oleh penawaran atau permintaannya. Contohnya adalah Pasar
Kopi, atau tembakau.
Konsep Pasar
Pengertian pasar adalah salah satu
tempat dari berbagai sistem, , prosedur, institusi, hubungan sosial dan
infrastruktur di mana usaha untuk menjual suatu barang, jasa dan tenaga kerja
untuk orang-orang dengan imbalan yaitu berupa uang. Alat pembayaran yang
digunakan untuk menjual barang dan jasa biasanya dalam bentuk uang. Kegiatan
ini merupakan salah satu bagian dari kegiatan perekonomian. Dua orang mungkin
dapat melakukan suatu perdagangan, tetapi dibutuhkan setidaknya tiga orang
untuk memiliki pasar, sehingga ada suatu persaingan, setidaknya satu dari dua
belah pihak. Pasarpun cukup bervariasi misalnya dalam ukuran, skala geografis,
jangkauan, lokasi, jenis, dan berbagai komunitas manusia. Di dalam sebuah pasar
juga menyediakan berbagai jenis barang dan jasa yang diperdagangkan.
Dalam
sebuah pasar pasti akan terjadi sebuah transaksi. Pertukaran barang atau jasa
untuk uang disebut dengan transaksi. Pasar terdiri atas semua pembeli dan
penjual, baik yang dapat memengaruhi harga nya. Pengaruh ini merupakan salah
satu studi utama ekonomi yang telah melahirkan beberapa teori dan model tentang
kekuatan pasar dasar (penawaran dan permintaan). Suatu pasar dapat memfasilitasi
perdagangan dan memungkinkan distribusi dan alokasi sumber daya dalam sebuah masyarakat.
Pasar mengizinkan semua jenis item yang diperdagangkan untuk dievaluasi dan
harga suatu barang dan jasa.
Fungsi Pasar
1. Fungsi Pembentukan Harga
Pasar merupakan suatu tempat dalam menentukan suatu harga
(nilai) suatu barang karena pasar merupakan tempat bertemunya antara penjual
dan pembeli yang saling tawar menawar sehingga terjadi suatu kesepatakan harga
(nilai) barang atau jasa.
2. Fungsi Distribusi
Pasar memudahkan produsen dalam
mendistribusikan suatu barang atau jasa kepada konsumen atau pembeli secara
langsung.
3. Fungsi Promosi
Pasar merupakan suatu tempat yang paling
cocok bagi produsen dalam memperkenalkan atau mempromosikan suatu barang atau
jasa kepada konsumen.
Syarat
terjadinya pasar
1.
Adanya penjual.
2.
Adanya pembeli.
3.
Tersedianya barang yang diperjualbelikan.
4.
Terjadinya kesepakatan antara penjual dan
pembeli.
Peranan Pasar
Dalam Perekonomian
1. Peran pasar bagi produsen
a. Pasar
sebagai tempat untuk memperkenalkan barang (promosi).
b. Pasar
sebagai tempat untuk menjual hasil produksi.
c. Pasar
sebagai tempat untuk memperoleh bahan produksi / faktor produksi
2. Peranan pasar untuk konsumen.
Pasar dapat memudahkan konsumen untuk
mendapatkan barang-barang yang dibutuhkan olehnya.
3. Peranan pasar untuk sumber daya Manusia.
Pasar dapat membuka sebuah peluang usaha
bagi masyarakat dalam memperoleh pekerjaan dan berwiraswasta.
4. Peranan pasar untuk Pembangunan.
a. Pasar
yang berkembang akan membawa dampak positif bagi kehidupan masyarakat misalnya
masyarakat akan semakin sejahtera karena adanya pasar tersebut.
b. Negara
akan memperoleh pemasukan dari aktivitas pasar melalui pajak dan retribusi. Penerimaan tersebut dapat digunakan sebagai
salah satu sumber pendapatan untuk pembangunan daerah maupun pembangunan nasional.
Incoming Search:
struktur
pasar modal
struktur
pasar oligopoli
struktur
pasar persaingan sempurna
struktur
pasar monopoli
struktur
pasar modal di Indonesia
struktur
pasar monopolistik
struktur
pasar dan persaingan harga
struktur
pasar dan tingkat persaingan
struktur
pasar di pelabuhan
struktur
pasar dan persaingan murni
struktur
pasar persaingan tidak sempurna
struktur
pasar ekonomi mikro
struktur
pasar valuta asing
struktur
pasar kompetitif
struktur
pasar menurut para ahli
struktur
pasar bebas
struktur
pasar barang
struktur
pasar biaya produksi penerimaan laba/rugi
struktur
pasar bersaing sempurna
struktur
pasar bebas dalam ekonomi konvensional
struktur
pasar beserta contohnya
struktur
pasar berbagai komoditas peternakan
struktur
pasar beserta kurva
Baca Juga
Posting Komentar
Posting Komentar